Maaf, untuk seorang anak lelaki di sudut rumah yang sepi…


“Jadilah luarbiasa Nak… Tanpamu aku sepertinya tak punya lagi semangat hidup, tak ada lagi alasan untuk tetap berjuang,

Pengorbanan ini adalah kehidupanmu kelak.”

18 Agustus 2012

Semakin sore jalanan semakin padat,

semua orang sepertinya ingin menyelesaikan semua pekerjaannya sebelum malam tiba,

ya, hari ini semua sibuk…

sibuk dengan kepentingannya masing-masing….

Ada raut bahagia dalam kesibukan yang terurai hari ini.

Katanya, besok hari raya umat muslim.

Orang Indonesia bilang besok hari “Lebaran”

Ada ruh kegembiraan, keceriaan, kemenangan di raut wajah setiap manusia yang menjalankannya,

di sudut rumah, di sudut kampung, di penjuru negeri…

Dan akhirnya sampai padaku,

menjelang malam, jari ini masih menulis data di sudut ruang kerja.

malam ini sepertinya aku masih tenang duduk di kantor menunggu instruksi pulang.

Pulang, kemana?

rumah?

tak ada ketupat lebaran disana, tak ada sayur opor disana, tak ada baju baru, tak ada kembang api.

yang ada hanya seorang anak lelaki yang sedang menunggu kakaknya pulang.

Ketika, esok adalah hari untuk bermaaf-maafan,

Aku hanya ingin meminta maaf pada anak lelaki itu,

Maaf karena tak sempat memasakannya ketupat opor ayam kesukannya,

Maaf karena belum sempat mampir ke toko untuk membelikannya baju lebaran,

Maaf karena hampir sebulan Ramadhan dia lebih sering berbuka sendirian di rumah,

Maaf karena aku belum bisa menjadi kakak yang baik yang bisa menggantikkan peran Ayah & Ibu…

Aku mencintaimu, Aku menyayangimu…

Sebuah sms pun masuk,

“Mba mau pulang jam berapa? Ada kiriman ketupat sayur. …”

senyumanku bercampur haru, sedih, pilu, dan banyak lagi….

“Dimakan saja dulu, Aku sepertinya pulang jam 8 malam lebih.”

Jadilah luarbiasa Nak… Tanpamu aku sepertinya tak punya lagi semangat hidup, tak ada lagi alasan untuk tetap berjuang,

Pengorbanan ini adalah kehidupanmu kelak.

-Siluet Jingga-

2 thoughts on “Maaf, untuk seorang anak lelaki di sudut rumah yang sepi…

Tinggalkan Balasan

